Inovasinomic

Kita butuh inovasi. Inovasi yang mampu menggerakkan denyut nadi kehidupan manusia semakin menggembirakan. Inovasi maujud dalam gagasan segar yang mempelopori terwujudnya kehidupan yang lebih baik.

Perubahan tak lagi bergerak dalam ritme repetisi, perubahan berlangsung sangat cepat akibat ritme eksponensial. Cara kerja lama yang wataknya mengulang-ulang cara kerja generasi sebelumnya, maka akan tertinggal jauh. Cara lama tidak mampu menjawab problem-problem zaman.

Inovasinomic menawarkan cara baru dalam bertindak dan menyelesaikan problem kekinian, terutama di bidang ekonomi dan sosial. Inovasinomic melahirkan gerakan ekonomi bermodal kerja inovasi. Inovasinomic menyimbolkan kerja keras dan kerja cerdas, yaitu inovasi.

Inovasi diawali dari penemuan-penemuan baru (discovery). Penemuan baru dapat tercipta bila ada pengetahuan yang baru. Manajemen pengetahuan (knowledge management) berperan untuk mendukung dan mempercepat proses inovasi dalam suatu organisasi. Manajemen pengetahuan diperlukan untuk mewujudkan suasana kerja yang dinamis dan inovatif.

Penerapan manajemen pengetahuan memberikan pengaruh positif terhadap proses bisnis di sebuah perusahaan, seperti:

Pertama, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya. Pengelolaan pengetahuan yang baik memudahkan perusahaan untuk menggunakan pengetahuan itu untuk konteks lain, sehingga perusahaan akan dapat menghemat waktu dan biaya.

Kedua, peningkatan aset pengetahuan. Pengelolaan pengetahuan yang baik akan memberikan kemudahan semua tim kerja untuk mencari, menggunakan, dan memanfaatkan pengetahuan dalam lingkungan perusahaan. Hal itu akan mendorong lahirnya kreativitas dan inovasi dalam bekerja, termasuk peningkatan kompetensi seluruh tim kerja.

Ketiga, kemampuan beradaptasi. Perusahaan akan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang berubah terjadi.

Keempat, peningkatan produktivitas. Ada pengetahuan dapat digunakan kembali untuk proses atau produk yang akan dikembangkan, sehingga produktivitas perusahaan akan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *